Kamis, 24 Maret 2011

Sleep Tight Every Night

Insomnia udah jadi satu kata yang familiar di kalangan anak muda sekarang. Tapi udah tahu benar belum akibat buruk dari kurangnya waktu tidur ? Mulai sekarang coba deh terapin tips berikut biar tidur kamu berkualitas.

Saat tidur, tubuh kita memperbaiki sel-sel rusak dalam tubuh dan membuat pikiran lebih tenang. Kurang tidur dapat menyebabkan emosi nggak stabil, lelah, dan kurangnya kemampuan untuk berpikir. Beberapa hormon tertentu hanya muncul dan bekerja pada malam hari maka kegiatan tidur malam ini nggak bisa kita gantikan dengan jatah waktu tidur siang. Untuk tidur berkualitas, coba deh perhatikan hal-hal di bawah ini:
  • Everyday Balance
Biasakan untuk menjaga keteraturan tidur dan bangun pagi di saat weekdays ataupun weekend. Supaya pengeluaran zat adrenaline pada tubuh kita juga akan senantiasa terjadi pada waktu yang sama. Pas bangun jadi lebih segar deh.
  • The Quantity
Nggak masalah kalau kamu cuma bisa tidur selama 5 jam saya, yang penting setelahnya kamu tetap segar.
  • Good Ambiance
Ciptakan suasana tidur senyaman mungkin. Perhatikan redup lampu dan suhu kamar. Kamar yang terlalu dingin bisa bikin kamu susah tidur. Dengerin lagu berirama slow bakal bikin kamu jadi lebih relax.
  • Starved Or Full
Sehabis makan dan kenyang, usahakan jangan langsung tidur. Makanan yang kita konsumsi tidak bisa diterima pencernaandengan baik dan bisa mengakibatkan kegemukan. Kalau masih lapar, lebih baik makan buah-buhan rendah kalori seperti pisang atau apel dari pada memaksa tidur.
  • No Caffeine At Night
Kafein adalah perngsang buat sistem tubuh kita yang akan membuat kita jadi selalu terjaga. Oleh karena itu, lebih baik hindari deh minum kopi di malam hari biar kamu bisa tidur nyenyak.

Posisi Tidur Yang Baik
1. Posisi yang paling baik sebenernya posisi dimana tubuh dapat menjadi relax, yaitu terlentang.
2. Taruh bantal kecil atau handuk yang digulung di belakang leher, agar bisa menyanggah leher dan mengurangi resiko sakit leher.
3. Kalau kamu lebih suka tidur miring, pilihlah posis miring ke kanan. Dengan begitu kamu nggak menekan aliran darah ke jantung.
4. Posisi tidur yang paling buruk adalah tengkurap.Lengkungan tulang punggungmu akan tertekan dan bikin otot jadi tegang selama kamu tidur.

Tips Untuk Kamu Yang Insomnia
1. Pakai penutup mata. Tubuh jadi relax dan akhirnya ngantuk pun akan datang.
2. Jangan terpaku sama jam. Ngeliat jam dinding karena nggak bisa tidur justru akan mengingatkan kecemasan yang akhirnya bikin kamu tambah nggak bisa tidur.
3. Mandi air hangat.
4. Minum susu hangat.
5. Buat suasana senyaman mungkin.
6. Usahakan kamarmu cukup gelap untuk memudahkan tidur.

The Don'ts
1. Olahraga sebelum tidur (jarak minimal 2-4 jam sebelum tidur)
2. Nonton TV/ dealing with computer sebelum tidur.
3. Minum alkohol untuk membantu tidur.
4. Minum obat tidur tanpa sepengetahuan dokter.
5. Tidur pada siang hari.
6. Tidur dengan wajah menentang lampu, karena akan membuat wajah kamu jadi mengerut saat tertidur pulas.

p.s : taken from GoGirl! Magazine 67/August 2010
Yours, Luthfiah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar