Senin, 04 April 2011

Moody Busters

GOOD AND BAD MOOD

Mood adalah suasana hati yang dipengaruhi oleh emosi halus, makanya gampang berubah ubah dengan sangat cepat. Jangan heran kalau satu menit kamu bisa girang setengah mati, eh, semenit berikutnya jadi bete dan males ngomong. Menurut hasil penelitian Chicago oleh Mihaly Csikszentmihalyi dan Reed Larson (ahli psikologi), rata-rata remaja cuma perlu 45 menit aja buat merubah mood dari senang luar biasa ke sedih luar biasa.
Walaupun ngeselin, mood yang naik turun kaya roller coaster itu sangatlah normal buat remaja untuk menuju ke kedewasaan. Kita rentan sama perubahan mood, karena sikap, tingkah laku dan pola pikir kita hampir 60 persen dipengaruhi olehnya.

WHAT CAUSES MOODINESS?

1. Puberty And Hormonal Change
Faktor biologis memiliki andil cukup besar dalam perubahan mood remaja. Ketika menginjak masa puber, tubuh mulai menghasilkan sex hormones, estrogen dan progesterone pada cewe dan testosterone pada cowok. Nah, perubahan hormon inilah yang memacu perubahan fisik dan emosi kita.

2. Identity Crisis
Emosi yang naik turun bikin kita sulit menentukan pilihan. Nggak jarang, rasa ingin tahu dan suka nyoba hal baru bikin kita jatuh ke lubang yang salah. Pada masa inilah, angan-angan serta impian lagi tinggi-tingginya melambung, tapi di saat yang bersamaan kita mulai di hadapkan dengan realita untuk menyesuaikan impian dengan kenyataan.

3. Big Anxiety
Kecemasan serta rasa sensitif yang tinggi adalah pemicu pergantian mood. Selain itu, anxiety juga mempengaruhi sikap serta perilaku seseorang. Nah rasa cemas ini timbul dari masalah-masalah kecil setiap hari yang dihadapi remaja, kayak hubungan yang kurang baik dengan keluarga atau teman, putus cinta atau masalah di sekolah.

4. Too Much Pressure
Tugas sekolah yang nggak habis habis, tuntutan yang mulai banyak dari orang tua serta informasi menjadi dewasa bikin stress banget. Karena masih beradaptasi sehingga belum tahu gimana menghadapi resiko dan hambatan yang ada di depan mata, bikin remaja jadi bingung dan mulai ribet sendiri. Selain 4 hal disamping, ada juga faktor pendukung penyebab moodiness, seperti kurang tidur, trauma dll

LET'S STOP IT!
Kalau didiemin kelamaa, moody bisa jadi ''penyakit" lho! Apalagi kalau bad mood terus terusan, seperti depresi yang berlebihan jadi temperamental. Ikuti tips seperti berikut untuk mengurangi bad mood yang berlebihan.

1. It's A Matter Of Mind
Moody pasti terbentuk karena something doesn't sit right. Ingat bahwa semua manusia pasti punya masalah, you're not alone. Sebesar apapun masalah kamu, coba cari solusi terbaik. Tapi ingat, fokuskan pikiran dengan tenang dan jangan tegesa-gesa ambil keputusan. Set a happy thought always, because you think is what you will become.

2. Think Positive
Pikiran negativ itu seperti penyakit yang bakal menggerogoti diri kamu secara perlahan. Daripada selalu bete, mending manjakan pikiran kamu dengan positive and optimistic thoughts. Whatever happens, just look at the bright side.

3. Happy Go Lucky
Hang out with happy people and think about happy stuff. Rasa senang itu adalah perasaan yang menular. Saat kamu senang, segala hal apapun jadi menyennagkan buat kamu. Banyakin senyum dan tertawa sesering mungkin.

4. Talk To Someone
Saat bad mood melanda, buru2 cari teman bicara yang nyaman buat curhat, jangan disimpan sendiri. Setelah unek unek keluar semua, kamu pasti ngerasa lebih baik.

5. Take A Look Around
Terlalu fokus sama masalah yang itu itu aja cuma buang energi. Coba lihat sekitar. Lihat bahwa dunia lebih besar dari maslaah yang ada.

6. Indulge Yourself
Lakukan treatment di salon, pergi ke toko buku, nonton film favourite atau travelling. Ciptakan susana relax untuk memancing good mood.

7. Don't Sweat Small Things
Baru di becandain teman aja udah cemberut. Ada yang salah sedikit ngambek atau cemburu buta sama temen temen pacar, Capek ah being a drama queen. Satu hal penting lagi, stop complaining and try to enjoy life.

8. Avoid These Food.
Biar mood tetap terjaga, coba hindari makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat karena merangsang anxiety dalam diri kamu. Kebanyakan makanan berlemak juga berpengaruh terhadap mood, seperti coklat, margarine, kacang-kacangan, pizza, sereal atau soft drinks.

9. Love Every Process
Segala sesuatu yang dikerjakan dengan sabar pasti berbuah manis, Nikmati setiap detik perjuangan kamu dalam melakukan atau membuat sesuatu.

WHEN BAD MOOD ATTACKS
1. Bangun siang di hari libur
2. Cobain aromatherapy seperti lavender.
3. Olah raga, lari keliling komplek atau naik sepeda lipat.
4. Put the records on, dengerin musik favorit.
5. Eat healthy food yang bikin kenyang.
6. See the sun in the morning, vitamin-Dnya adalah mood boaster yang manjur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar